Google Play Store Tidak Bisa Dibuka? Ini Solusinya

  Admin      

Kita sekarang sangat bergantung pada aplikasi untuk kebutuhan sehari-hari seperti foto, pesan, panggilan, dan bahkan game. Sumber utama dari semua aplikasi untuk Ponsel Android adalah anda adalah Google PlayStore. PlayStore ini bertanggung jawab untuk memperbarui dan mengunduh aplikasi dan juga membuat semuanya aman dari virus atau malware.

Terkadang, PlayStore ini juga dapat mengalami masalah yang menyebabkannya gangguan atau tidak bisa terbuka. Untuk memperbaiki masalah ini, kami memiliki semua solusi yang diperlukan untuk Anda!

1. Muat Ulang Ponsel atau Tablet Anda merupakan Langkah paling dasar untuk membuat Google PlayStore Anda berfungsi kembali yaitu adalah dengan memulainya kembali. Melakukan hal ini akan menghilangkan masalah koneksi dan time out. Jika Anda mengalami masalah dengan koneksi Internet, maka Anda dapat mengatur ulang router nirkabel Anda dan kemudian restart perangkat Android Anda.

2. Periksa Pengaturan Waktu dan Tanggal
Jika Tanggal dan Waktu perangkat Android Anda tidak sinkron dengan waktu dan tanggal aktual, maka ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa Google Store Anda tidak bisa dimuat. Untuk memperbaikinya, Anda dapat masuk ke menu Pengaturan perangkat Android Anda. Pilih tab System di mana Anda akan melihat opsi tanggal dan waktu. Ketuk pada yang sama untuk melihat apakah opsi waktu otomatis dipilih. Jika tidak, maka Anda dapat menyalakannya.
Jika perangkat Anda sudah diatur pada opsi tanggal dan waktu otomatis, maka Anda harus mematikan opsi itu dan secara manual mengatur tanggal dan waktu. Ini seharusnya bisa menyelesaikan masalah Anda.

3. Bersihkan Cache Dan Data Google Play
Alasan penting lain mengapa Google Play tidak berfungsi adalah akumulasi cache dan data. Melakukan ini tidak akan menghapus informasi apa pun sehingga ini sangat aman untuk dilakukan. Ini adalah salah satu metode yang paling berguna untuk menjalankan Google Play lagi. Anda dapat menggunakan langkah-langkah berikut untuk melakukan perbaikan ini.

Langkah 1: Mulai dengan mengetuk tab pengaturan dan pilih opsi Aplikasi.
Langkah 2: Gulir daftar aplikasi dan ketuk Google Play Store.
Langkah 3: Di bawah pengaturan aplikasi pilih penyimpanan yang akan mengarahkan Anda ke halaman yang memiliki Clear Cache dan Clear Data yang disebutkan di dalamnya.
Langkah 4: Ketuk Clear Cache dan mulai ulang Google Store

4. Copot Instalasi Pembaruan ke Google Play
Sebagian besar masalah, Google Play berhenti berfungsi ketika ada masalah dengan menginstal Pembaruan. Untuk memperbaiki ini, Anda hanya perlu menghapus pembaruan. Untuk melakukannya, pilih Aplikasi atau Manajer Aplikasi dan Anda akan dapat melihat semua aplikasi yang diinstal pada ponsel Anda. Pilih Google Play store dan ketuk pada pembaruan pencopotan pemasangan.

5. Atur Ulang ke Setelan Pabrik Smartphone Anda
Jika opsi yang disebutkan di atas gagal dan tidak berfungsi, Anda dapat melakukan reset pabrik ponsel Android Anda. Untuk melakukannya, Anda harus mencadangkan data Anda dan pergi ke menu pengaturan Anda dan pilih Cadangkan dan reset. Ketuk opsi Akun Cadangan tempat Anda ingin data Anda dicadangkan. Setelah ini, pilih opsi Reset Data Pabrik untuk mengkonfigurasi perangkat Anda kembali ke pengaturan pabrik. Anda sekarang dapat masuk ke akun Google Anda untuk mengakses Google Play Store.

logoblog

Thank you for reading the article Google Play Store Tidak Bisa Dibuka? Ini Solusinya