Apa itu 5G, Manfaat, Cara Kerjanya dan Kenapa Kita Membutuhkannya?

  Admin      

5G akan datang tahun ini Dengan janji kecepatan super-data dan jangkauan yang lebih baik, 2019 akan mengantar jaringan generasi berikutnya di Inggris dan AS Termasuk Indonesia.

5G Akan mulai Rilis di 2019

Kita juga akan melihat banyak perangkat 5G diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang, termasuk banyak di sekitar Mobile World Congress bulan depan.

Dalam fitur ini, kami akan menjelaskan pemain kunci yang mengendarai 5G, mengapa itu mungkin akan datang ke ponsel Android Anda berikutnya (pasti yang setelah itu) dan bagaimana hal itu dapat merevolusi broadband rumah.

Apa itu 5G?

5G adalah nama untuk generasi berikutnya dari konektivitas data seluler, menggantikan 4G. 5G akan memberikan kecepatan broadband yang luar biasa cepat, tetapi yang lebih penting, ini akan memiliki kapasitas yang cukup ke mana pun Anda pergi, tidak peduli berapa banyak orang yang terhubung pada saat yang sama.

Ericsson percaya bahwa pada tahun 2024 akan ada lebih dari 1,5 miliar dari kita yang terhubung ke 5G tetapi Eropa diperkirakan akan sedikit tertinggal di belakang peluncuran di Amerika Utara dan Timur.

Kuncinya adalah bahwa ini bukan teknologi masa depan lagi - handset 5G akan debut tahun ini bersama jaringan telepon 5G secara komersial. 5G juga akan lebih cepat daripada banyak koneksi broadband rumah dan sementara itu mungkin beberapa tahun sebelum menjadi pilihan yang berharga, sangat mungkin Anda akan dapat menggunakan router 5G di rumah juga; Anda tidak lagi memerlukan saluran telepon tetap.

Bagaimana cara kerja 5G?

5G menggunakan beberapa sinyal frekuensi yang lebih tinggi dari 4G, yang dikenal sebagai mmWave (gelombang milimeter, mengacu pada panjang gelombang) yang dapat mendukung kecepatan data yang tinggi. Namun, itu bukan gambaran keseluruhan karena jaringan 5G secara global juga akan menggunakan pita sub-6GHz - sementara 4G beroperasi di 2 hingga 8GHz di seluruh dunia, mmWave beroperasi lebih dari 24GHz (hingga 100Ghz).

Jadi bagaimana cara kerjanya? Pada dasarnya, perangkat 5G pertama akan memiliki dua modul radio untuk saat ini - satu untuk mmWave dan satu lagi untuk Sub-6Ghz. Pita sub-6Ghz akan menyediakan cakupan 5G yang luas di samping 4G LTE yang ada sementara mmWave akan sangat berguna untuk lingkungan perkotaan yang padat di mana ada sejumlah besar perangkat.
Namun, sinyal mmWave tidak akan dapat melakukan perjalanan sejauh ini, sehingga akan ada lebih banyak titik akses yang diposisikan lebih berdekatan.

Akan ada perangkat 5G apa Saja?

Ponsel 5G akan hadir tahun ini - tidak ada keraguan tentang itu. Akhir tahun 2018, Motorola mengumumkan Moto Z3-nya memiliki Moto Mod 5G yang berarti itu akan menjadi ponsel berkemampuan 5G pertama yang diluncurkan di AS.

Samsung akan merilis handset 5G di Verizon dan AT&T di AS pada tahun 2019. Ini mungkin atau mungkin bukan Samsung Galaxy S10 atau versi itu. Kemungkinan akan menjadi varian dari S10 - mungkin handset saat ini dikenal sebagai S10 X.

Kami sudah tahu sedikit bahwa setidaknya akan ada dua ponsel Samsung 5G pada awal tahun 2019 dan handset lainnya dianggap sebagai Galaxy F atau Galaxy Flex yang dapat dilipat.

OnePlus mengatakan akan merilis handset 5G pada tahun 2019. Ini mungkin akan menjadi versi OnePlus 7, yang kami harapkan pada kuartal pertama tahun ini .

Xiaomi, Oppo, Vivo, dan ZTE juga tersedia
dipastikan akan mengembangkan perangkat 5G, dengan ketiga perangkat yang dipamerkan pada akhir 2018. Kami juga melihat trio prototipe ini di CES 2019 di stan Qualcomm.

Sony, Nokia (HMD Global), HTC dan LG sebelumnya telah diumumkan bekerja sama dengan Qualcomm pada pengembangan modem X50-nya, jadi bukan lompatan besar untuk mengasumsikan kita akan mendapatkan perangkat 5G dari mereka pada 2019 juga.

Honor dan Huawei telah berkomitmen untuk meluncurkan handset 5G pada tahun 2019. Bos Huawei Richard Yu mengatakan kepada Digital Trends bahwa perusahaan "bekerja pada ponsel yang dapat dilipat. Ponsel 5G yang dapat dilipat".

Hardware apa yang akan digunakan ponsel ini?

Banyak dari handset baru ini akan menjalankan platform Snapdragon 855 Qualcomm yang baru diumumkan dan modem berkemampuan X50 5G yang pertama kali dipratinjau pada tahun 2016.

Qualcomm mengatakan X50 mampu kecepatan unduh hingga 5Gbps, 400 kali lebih cepat dari kecepatan unduhan 4G rata-rata saat ini.

Qualcomm memiliki 18 produsen perangkat yang siap memproduksi Hardware yang menampilkan modem X50 pada 2019.

Apple bukan salah satunya. Kita tahu bahwa Apple sekarang telah beralih ke Intel untuk menghasilkan modem untuk iPhone (dimulai dengan beberapa model iPhone X pada tahun 2017) dan kemungkinan itu adalah
akan menunggu Intel untuk menghasilkan modem 5G sebelum mengintegrasikan 5G ke iPhone - itu tetap dalam sengketa hukum dengan Qualcomm.

Ini tidak akan segera dan jadi sangat tidak mungkin bahwa 2019 iPhone XI (iPhone 11) akan menjadi handset 5G. Sebaliknya, sepertinya modem Intel XMM 8160 5G akan tersedia pada akhir 2019 dan dalam perangkat pengiriman yang diluncurkan pada awal 2020.
Jadi itu berarti handset 5G pertama mungkin adalah iPhone XII (iPhone 12) pada tahun 2020.

Samsung dan Huawei juga mengembangkan modem 5G mereka sendiri, tetapi tampaknya diberikan bentuk masa lalu bahwa Samsung akan menggunakan perangkat keras 5G Qualcomm untuk perangkat AS-nya dan perangkat keras Exynos sendiri untuk seluruh dunia.

Qualcomm juga mengumumkan kemitraan dengan beberapa operator yang menggunakan modem X50 untuk uji coba 5G, termasuk AT&T, BT / EE, China Mobile, Deutsche Telekom, Oranye, SK Telecom, Sprint, Telstra, Verizon, dan Vodafone.

Perhatikan bahwa 5G tidak sepenuhnya tentang ponsel - akan ada generasi laptop dan tablet yang akan memiliki 5G built-in untuk menindaklanjuti generasi mendatang dari laptop yang terhubung 4G, dan ada diskusi terus-menerus tentang 5G yang menopang masa depan otonom yang terhubung mobil juga.

Qualcomm saat ini sedang mencoba untuk membangun platform Snapdragon untuk PC dan telah cukup terbuka tentang laptop 5G dalam waktu yang relatif dekat. Pada acara Desember 2018, Qualcomm mengkonfirmasi bahwa 5G akan hadir di Windows pada Snapdragon pada 2019 tetapi mungkin akan jauh di akhir tahun ini.

Jaringan 5G UK

Ponsel 5G sangat baik, tetapi tidak ada artinya tanpa jaringan 5G. Jaringan 5G akan berkembang selama beberapa tahun mendatang, bukan hanya masalah menyalakannya. Di Inggris, EE dan Three berkomitmen untuk memperkenalkan 5G sebelum akhir 2019.

Three mengatakan mereka menginvestasikan lebih dari £ 2 miliar ke peluncuran 5G-nya. Three telah membeli lebih banyak spektrum 5G daripada jaringan UK lainnya (20Mhz) dan telah meluncurkan teknologi baru ke pusat data yang tiga kali lipat kapasitas jaringan yang tersedia. "Jumlah komersial pertama dari smartphone 5G dan perangkat broadband rumah diharapkan akan tersedia pada H2 2019," katanya.

Jadi secara teoritis kita harus memiliki beberapa gagasan tentang berapa banyak Anda harus membayar untuk jaringan 5G pada musim panas mendatang.

EE telah menguji coba jaringan 5G di London di sembilan situs dan bertujuan untuk menjadi yang pertama diluncurkan secara komersial pada tahun 2019. Peluncuran awal akan dimulai dengan setiap ibukota negara Inggris; London, Edinburgh, Cardiff dan Belfast, bersama Birmingham dan Manchester.

Sepuluh kota lagi akan mendapatkan cakupan 5G selama 2019; Glasgow, Newcastle, Liverpool, Leeds, Hull, Sheffield, Nottingham, Leicester, Coventry, dan Bristol. Bahkan, jaringan akan meningkatkan 1.500 situs tahun depan - EE mengatakan lokasi ini akan membawa 25% dari semua data di seluruh jaringannya - tetapi hanya mencakup 15% dari populasi Inggris. EE juga bekerja dengan beberapa bisnis untuk mencoba 5G sebagai alternatif broadband tetap.

Vodafone melakukan panggilan holografik 5G di sebuah acara di bulan September tetapi kini telah membentuk jaringan uji coba 5G penuh di Manchester.

Vodafone mengatakan akan memperpanjang uji coba segera ke Bristol, Birmingham, Bristol, Cardiff, Glasgow, Liverpool dan London. Dalam pesan yang agak jelas untuk mengatakan "kami serius tentang menghubungkan daerah pedesaan", Vodafone mengatakan akan memperkenalkan jaringan 5G di Dataran Tinggi, Lake District dan Cornwall selama 2019.

Ada banyak pembelajaran bagi jaringan untuk dilakukan dalam hal pekerjaan yang perlu mereka lakukan dalam pengertian fisik. Sebagai contoh, EE telah berbicara tentang bagaimana uji coba-nya memerlukan kerja pajak dalam hal memperoleh izin perencanaan dan mengakses perjanjian dan mengelola jumlah daya yang diperlukan untuk menghasilkan sinyal yang cukup kuat. Output daya diatur, sehingga ini dapat menentukan di mana antena ditempatkan.

"Uji coba ini telah membantu kami untuk memahami - dan belajar bagaimana mengatasinya - tantangan signifikan yang akan kita hadapi di tahun-tahun mendatang," kata kepala teknisi EE / BT Howard Watson. "Kami juga belajar tentang jangkauan yang dapat kami capai dengan 5G New Radio (5G NR) pada spektrum 3.4GHz baru kami, baik di dalam ruangan maupun di jalanan yang padat."

Salah satu tantangan yang lebih menarik adalah penguatan yang diperlukan untuk beberapa situs atap untuk membawa peralatan antena yang lebih berat.

Samsung dan Intel juga sangat terlibat dalam pengujian dan perangkat keras 5G. Samsung telah bekerja dengan jaringan AS Verizon dalam uji coba dan keduanya bermitra dengan teknologi 5G untuk peluncuran komersial.

Apa manfaat 5G?

Salah satu manfaat utama dari 5G lebih dari 4G tidak hanya akan kecepatan pengiriman - yang bisa antara 10Gbps dan 100Gbps - tetapi pengurangan latensi. Saat ini, 4G mampu antara 40ms dan 60ms, yang tidak selalu cukup untuk memberikan respons waktu nyata.

Latensi ultra-rendah 5G dapat berkisar antara 1 ms dan 10 ms. Ini akan memungkinkan, misalnya, seorang penonton di stadion sepak bola untuk menonton siaran langsung dari sudut kamera alternatif dari aksi yang cocok dengan apa yang sedang terjadi di lapangan di depan dengan sedikit penundaan. Ini juga akan membuka pintu untuk VR dan AR secara real-time. Dan juga akan ada manfaat besar untuk game multi-pemain, misalnya.

Tiga riset yang ditugaskan oleh analis Ovum yang menunjukkan kecepatan unduh rata-rata saat ini untuk konsumen Inggris akan berlipat ganda pada tahun-tahun mendatang menjadi 80-100Mbps berkat 5G.

Diperkirakan juga bahwa broadband 5G dapat menggantikan ADSL tradisional dan koneksi internet kabel untuk 85 persen dari 26 juta pelanggan telepon tetap Inggris.

Kapasitas juga akan menjadi penting untuk masa depan streaming video. Pada tahun 2030, EE memperkirakan bahwa 76 persen dari lalu lintas datanya akan digunakan video streaming. Dan sebagian besar akan berada dalam resolusi 4K Ultra HD dan 8K juga.

logoblog

Thank you for reading the article Apa itu 5G, Manfaat, Cara Kerjanya dan Kenapa Kita Membutuhkannya?