MS Word 2013: Cara Mengatur Dokumen dengan Daftar Isi

  Admin      

Cara Membuat Daftar Isi di Microsoft Word

Dokumen yang panjang bisa membuat kewalahan bagi penulis dan pembaca. Pada kali ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara membuat daftar isi untuk dokumen Word yang panjang, membantu Anda dan pembaca Anda menavigasi pekerjaan Anda dengan mudah dan cepat.

Menggunakan Judul untuk Menentukan Bagian dari Dokumen Anda
Sebelum Anda membuat daftar isi untuk dokumen Anda, penting untuk memisahkan konten Anda menjadi bagian-bagian kecil yang mudah dikonsumsi. Setiap bagian harus fokus pada satu atau dua konsep. Ini akan memungkinkan Anda untuk memberikan penjelasan yang jelas, fokus, dan ringkas.

Pembaca akan menghargai ketika mereka dapat mengidentifikasi ketika Anda pindah ke konsep baru. Setelah Anda mengidentifikasi bagian Anda, Anda bisa membuat daftar isi. Tabel yang dihasilkan secara otomatis akan menampilkan nomor halaman tempat setiap bagian dimulai.

Membuat daftar isi berdasarkan judul di Word 2013 yang Anda identifikasi dengan gaya tajuk. Gaya adalah kombinasi atribut font yang telah ditentukan, termasuk warna dan ukuran, yang dapat diterapkan ke teks apa pun dalam dokumen Anda. Untuk menerapkan gaya tajuk, sorot teks yang ingin Anda tuju. Kemudian pilih opsi heading yang diinginkan di grup Styles pada tab Home. Heading 1 biasanya untuk judul utama Anda, dan Heading 2 dan Heading 3 adalah untuk subpos Anda.

Setelah menerapkan judul di seluruh dokumen Anda, Anda siap untuk membuat daftar isi di Microsoft Word.

Cara Memasukkan Daftar Isi Berdasarkan Judul
Untuk menyisipkan daftar isi:
1. Masukkan halaman kosong di bagian atas dokumen Anda. Untuk melakukan ini, tempatkan kursor Anda di awal teks Anda dan pilih Ctrl + Enter.
2. Pilih tab Referensi pada pita.
3. Di grup Daftar Isi, klik menu
Tombol Daftar Isi:

4. Dua opsi Tabel Otomatis pertama akan menggunakan judul Anda untuk membuat daftar isi. Tabel Manual memungkinkan Anda mengidentifikasi secara manual setiap bagian terlepas dari konten heading. Pilih opsi yang paling cocok untuk dokumen Anda.
Daftar isi Anda akan muncul di halaman kosong yang Anda tambahkan ke awal dokumen Anda. Sekarang Anda dan pembaca dapat dengan cepat menentukan halaman yang akan dinavigasi dari daftar isi Anda.

CATATAN: Pastikan untuk memperbarui daftar isi Anda kapan saja Anda membuat perubahan pada judul Anda. Cara Melakukannya cukup sederhana: Klik kanan di mana saja dalam tabel dan pilih Perbarui Bidang dari menu. Anda dapat memilih untuk memperbarui hanya nomor halaman (misalnya, jika Anda menambahkan konten ke bagian) atau Anda dapat memperbarui seluruh tabel. Anda harus melakukan yang terakhir jika Anda telah mengubah nama judul atau menambahkan judul baru.

logoblog

Thank you for reading the article MS Word 2013: Cara Mengatur Dokumen dengan Daftar Isi

No comments: